Kamis 25 Feb 2016 22:08 WIB

JK Minta DPRD Belajar Lagi

Jusuf Kalla
Foto: Antara/Andika Wahyu
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Presiden RI H Muhammad Jusuf Kalla menyarankan anggota DPRD sebagai lembaga pengawasan harus terus berupaya meningkatkan ilmu pengetahuan agar pengawasan dapat dilaksanakan secara optimal.

"Meskipun sudah menjadi insinyur tetapi belajarlah apa itu proyek, apa itu akuntansi meskipun hanya sedikit atau dasar-dasarnya saja," katanya dihadapan ratusan pimpinan dan anggota DPRD dari 60 kota se-Indonesia dalam acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi), Kamis (25/2).

Dikatakan, untuk mengetahui berapa anggaran yang sudah digunakan, berapa sisa dan lainnya membutuhkan ilmu sistematik. Apalagi, katanya, pengawasan dalam proses pembangunan yang dilakukan anggota DPRD terdapat tiga tingkat yang harus diketahui.

"Tingkatan itu adalah, pertama perencanaan, kedua pelaksanaan dan ketiga pengawasan," sebutnya.

Ilmu pengetahuan, katanya, juga menjadi memotivasi bagaimana DPRD melihat ke depan yang lebih baik, bukan hanya agar bisa terpilih lagi.

"Tapi ingat, yang mengawasi juga harus lebih bersih atau setidak-tidaknya sama bersihnya dengan yang diawasi," kata Wapres yang disambut tepuk tangan dari ratusan tamu undangan pada acara tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement