Jumat 18 Oct 2019 13:15 WIB

Irwan Prayitno Sebut JK Figur yang Menguasai Persoalan

JK mudah berkomunikasi dan mampu menguasai semua persoalan yang dihadapi bangsa.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden Jusuf Kalla
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Wakil Presiden Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Tugas Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden RI 2014-2019 sudah akan selesai dalam beberapa hari ke depan. Presiden Joko Widodo bersama wakilnya yang baru Ma'ruf Amin akan dilantik pada Senin (20/10) nanti di Gedung MPR RI.

Mulai hari itu juga, JK akan kembali menjadi warga negara biasa. Dengan begitu, JK tercatat sudah dua periode secara tidak berturut-turut menjadi orang nomor dua di Indonesia. JK pertama kali menjadi Wapres periode 2004-2009 bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Periode keduanya bersama Jokowi 2014-2019.

Baca Juga

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno yang selama ini kerap berkoordinasi mengenai pengelolaan pemerintahan mengatakan JK adalah sosok yang bersahaja. Irwan menilai JK orang yang mudah berkomunikasi dengan siapapun. Dan yang tak kalah penting menurut Irwan, JK mampu menguasai semua persoalan yang dihadapi bangsa.

"Beliau orangnya bersahaja dan bisa komunikasi dengan siapapun. Menguasai semua persoalan," kata Irwan, kepada Republika.co.id, Jumat (18/10).

Irwan kerap menerima kehadiran JK di Sumatra Barat. Walau berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan, JK punya kedekatan dengan Minangkabau. JK merupakan Urang Sumando Minangkabau karena istrinya Mufidah Jusuf Kalla adalah perempuan asli Sumbar yakni dari Kabupaten Tanah Datar.

Saat berbicara di acara talk show Mata Najwa tengah pekan ini, JK menyebut akan lebih banyak meluangan waktu bersama keluarganya. JK masih akan tetap beraktivitas sosial karena sampai saat ini ia masih menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI). Selain itu, JK juga punya banyak usaha di bawah korporasi Kalla Group.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement