Jumat 19 Feb 2016 17:53 WIB

Ruas Jalan Usilimo-Karubaga Pulih Pascalongsor

Rep: sonia fitri/ Red: Taufik Rachman
Tanah longsor
Tanah longsor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruas Jalan Usilimo-Karubaga sudah kembali berfungsi dan dapat dilalui. Sebelumnya, jalan tersebut diterjang longsor dan segera mendapat penanganan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah V Provinsi Papua (Puncak Jaya) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional X.

"Sekarang jalannya sudah bisa dilalui kendaraan," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional X Osman Harianto dalam rilis, Jumat (19/2). Longsor, kata dia, diakibatkan curah hujan yang tinggi di Distrik Poga, Kabupaten Tolikara Provinsi Papua dan membuat ruas jalan Usilimo-Karubaga putus total pada Sabtu (13/2). 

Seperti diketahui, longsor terjadi di dua titik. Pertama terjadi di badan jalan KM 71+500 sampai dengan KM 71+600 dan titik kedua bahu jalan longsor di KM 72+100 sampai dengan KM 72+150.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah V Provinsi Papua (Puncak Jaya) meninjau dan langsung melakukan penanganan darurat pada Senin (15/2). Penanganan darurat yang dilakukan adalah dengan menurunkan dua unit excavator. 

Unit pertama ditempatkan di lokasi longsoran dan yang lainnya ditempatkan di lokasi quarry timbunan. Selain itu Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah V Provinsi Papua (Puncak Jaya) juga menurunkan tiga unit dump truck.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement