Selasa 16 Feb 2016 23:43 WIB

Tren Keanggotan Pramuka Disebut Terus Meningkat

ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault
Foto: ROL/Fian Firatmaja
ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan bahwa tren keanggotaan Pramuka, baik tingkat SD sampai SMA terus meningkat dengan jumlah mencapai 22 juta orang.

"Saat ini sudah mencapai 22 juta anggota Pramuka di seluruh Indonesia dan tiap tahunnya ada pertambahan meskipun tidak terlalu signifikan," kata Adhyaksa usai konferensi pers "Indonesia Scouts Challenge" di Gedung Kwarnas Jakarta, Selasa (16/2).

Adhyaksa mengatakan Kwarnas terus menggaungkan bahwa Pramuka bukan lagi organisasi pendidikan non formal yang kuno atau "jadul", melainkan organisasi bertajuk keren, asik dan gembira dengan berbagai permainan terbarukan.

Untuk lebih menggairahkan minat penggalang yang duduk di sekolah dasar, Kwarnas pun menghadirkan kompetisi Pramuka "Indonesia Scouts Challenge" 2015-2016 yang digulirkan sejak November 2015 hingga Oktober 2016.

 

Dalam kompetisi tersebut, Kwarnas melakukan pendekatan berbeda terhadap para penggalang ramu yang umumnya kelas 4 dan 5 SD ini dengan menyisipkan permainan teknologi untuk mengasah ketangkasan dan kecerdasan peserta.

"Yang kita hadapi ini generasi 'cyber' yang lahir tahun 2000-an dan hampir 24 jam dihabiskan di dunia maya. Kami tidak bisa melakukan pendekatan seperti dulu sehingga saat berkemah juga ada permainan seru dengan penguasaan iptek di dalamnya," ujar pria yang pernah menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut.

Kompetisi ISC selain mengasah kemampuan metode dasar Pramuka, seperti P3K, semapur dan sandi morse, juga memberikan keseruan anak-anak lewat permainan teka-teki, tebak lagu dan kuis cerdas cermat.

Namun demikian, kompetisi yang ditujukan oleh penggalang ramu kelas 4 dan 5 SD ini tidak mengesampingkan Dasa Darma Pramuka meskipun ada sentuhan permainan modern.

ISC yang digelar di tujuh provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali ini memberikan kesempatan setiap regu di kabupaten atau kota untuk berpartisipasi.

Nantinya, dua regu dari putra dan putri yang lolos hingga ke babak final pada seleksi nasional akan memenangkan hadiah utama berlibur dan belajar ke Amerika Serikat pada November 2016.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement