Ahad 14 Feb 2016 19:49 WIB

Dana Desa Aceh Naik 123 Persen

Dana Desa
Dana Desa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi Aceh menyatakan, dana desa untuk Aceh melalui APBN tahun 2016 mencapai Rp3,8 triliun atau naik 123 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp1,7 triliun.

Kepala BPM Aceh Helvizar mengatakan, alokasi dana desa tersebut akan diberikan kepada 6.474 desa yang tersebar di 23 kabupaten/kota. Ia menyebutkan anggaran setiap desa yang akan diterima masing-masing antara Rp600 juta sampai Rp900 juta.

Ia menjelaskan besaran dana desa yang akan didapatkan itu berdasarkan jumlah penduduk, angka kemiskinan desa, luas wilayah desa dan tingkat kesulitan geografis desa setiap kabupaten/kota.

"Dana desa itu akan ditransfer langsung oleh kabupaten/kota ke rekening gampong atau desa," katanya, Ahad (14/2).

Ia mengatakan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 247/PMK07/2015, dana desa tersebut akan disalurkan tiga tahap yakni tahap pertama sebesar 40 persen pada April, tahap kedua 40 persen pada Agustus, dan tahap terakhir sebesar 20 persen pada Oktober.

"Penyaluran dana tersebut juga dilihat dari kesiapan desa, apakah sudah memenuhi semua persyaratan atau belum," katanya.

Menurut dia, apabila ada desa belum memenuhi persyaratan seperti belum memiliki RPJMG, RKPG, APBG dan laporan pertanggungjawaban keuangan tahun sebelumnya, maka dana tersebut tidak bisa digunakan.

"Dana yang tidak bisa digunakan itu akan mengendap di Kabupaten dan akan bisa digunakan setelah semua persyaratan terpenuhi," katanya.

Helvizar menambahkan, penyaluran dana desa ini bentuk keseriusan Pemerintah Pusat untuk meningkatkan pembangunan dan kesejateraan masyarakat di perdesaan maupun di perkotaan.

"Manfaatkan semaksimal mungkin dana desa untuk meningkatkan infrastruktur dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement