Kamis 11 Feb 2016 15:29 WIB

Ini 7 Gubernur dan Wakil Gubernur yang Besok Dilantik Presiden di Istana

Rep: fauziah mursid/ Red: Taufik Rachman
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno
Foto: Antara/Maril Gafur
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (12/2) esok akan melantik tujuh gubernur terpilih dan wakil gubernur hasil Pilkada serentak 2015. Pelantikan kepala daerah definitif itu direncanakan berlangsung pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Ada pun ketujuh pasangan gubernur tersebut, seperti yang dirilis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor-Rusdi Resnawan, Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Zumi Zola-Fachrori Umar.

Kemudian, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno-Nasrul Abit, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Octavianus dan Gubernur beserta wakil gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani-Nurdin Basirun.

Dua lainnya, yakni Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Basire dan wakilnya Udin Hianggio, serta Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti dan wakilnya Rohidin Mersyah.

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan tingkat provinsi pada 12 Februari dan tingkat kabupaten/kota pada 17 Februari merupakan pelantikan tahap pertama. Selanjutnya, masih ada pelantikan tahap kedua pada Maret untuk daerah yang hasil Pilkadanya berproses di MK, dan tahap ketiga pada Juni untuk daerah yang akhir masa jabatannya (AMJ) baru habis Juni 2016.

"Kalau daerah AMJnya belum habis, tidak boleh dikurangi, dilantik sesuai dengan berakhir AMJnya," kata Tjahjo.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement