Kamis 11 Feb 2016 12:08 WIB

Munas Golkar Bahas Soal Model Konvensi Capres

 Aburizal Bakrie (kanan) bersama Agung Laksono saat menghadiri rapat konsolidasi  persiapan Munaslub di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (4/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Aburizal Bakrie (kanan) bersama Agung Laksono saat menghadiri rapat konsolidasi persiapan Munaslub di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (4/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengusulkan agar Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar turut merumuskan model konvensi calon presiden Golkar untuk kepentingan pemilu presiden 2019.

"Model konvensi pada pemilihan Capres, yang secara orisinil adalah milik Golkar, harus ditetapkan menjadi model baku dalam AD/ART melalui Munas," ujar Doli, Kamis (11/2).

Doli menyampaikan penetapan model konvensi capres tersebut harus diikuti dengan penempatan Golkar sebagai partai inklusif, terbuka, dan aspiratif, serta adanya peningkatan kemampuan mengelola seluruh sumber daya organisasi partai secara modern yang diikuti dengan daya inovasi, kreativitas, dan penuh dengan gagasan.

Inisiator Generasi Muda Partai Golkar itu mengingatkan saat ini Golkar memiliki kepentingan untuk memulihkan citranya di mata rakyat. Penyelesaian konflik dan penyatuan kembali melalui Munas yang mungkin diselenggarakan April atau Mei 2016 adalah momentum untuk menumbuhkan harapan baru kepada masyarakat.

"Harapan baru itu bisa didapat tergantung apakah Golkar bisa memperoleh legitimasi politik baru di mata publik atau tidak," kata dia.

Untuk memperoleh legitimasi baru, menurut Doli, Munas kali ini menjadi tolok ukur yang akan menjadi penilaian. Untuk itu, kata dia, Munas kali ini sedikitnya harus memenuhi dan mencerminkan sejumlah hal baru dalam pelaksanaannya.

"Munas harus menghasilkan konsensus baru yang lahir atas semangat rekonsiliasi dan terbangunnya kebersamaan kembali yang didasari oleh kebesaran jiwa dan kejujuran semua pihak yang bertikai selama ini, tidak ada lagi kubu-kubuan," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement