Rabu 27 Jan 2016 16:10 WIB

Curah Hujan tak Menentu Picu DBD Meningkat

Rep: C32/ Red: Winda Destiana Putri
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.
Foto: dinsos.jakarta.go.id
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Cuaca menjadi salah satu faktor penyebab penyakit demam berdarah (DBD) meningkat.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulamgan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Intan Widayati mengungkapkan hujan yang tak menentu setiap harinya menjadi pemicu DBD meningkat.

"Ini kan hujan enggak setiap hari turun ya justru malah membuat jentik nyamuk semakin bersarang," kata Intan kepada Republika, Rabu (27/1).

Intan menjelaskan, jika hujan tak turun setiap hari maka banyak genangan air di banyak lingkungan. Dengan adanya kondisi tersebut maka akan jauh lebih memicu adanya jentik nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus penyakit DBD.

Sementara jika hujan stabil setiap harinya maka akan meminimalisir jentik nyamuk penyebab DBD. "Kalau setiap hari hujan, air terus mengalir tak ada genangan yang menyisa. Pertumbuhan jentik nyamuk lebih kecil," tutur Intan.

Untuk iru, Dinkes Kabupaten Bogor mengupayakan kepada warga untuk rutin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Intan menjelaskan untuk mencegah merebaknya penyakit DBD hanya bisa dimulai dari kesadara masyarakat untuk menjaga lingkungan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement