Kamis 21 Jan 2016 17:36 WIB

Tol Cipali Gairahkan Pariwisata Cirebon

Salah satu tujuan wisata Cirebon, belanja batik di Trusmi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Salah satu tujuan wisata Cirebon, belanja batik di Trusmi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kunjungan wisatawan di Kota Cirebon, Jawa Barat, tahun 2015 mengalami kenaikan 15 persen, meningkatnya pariwisata tersebut juga salah satunya adalah adanya tol Cipali.

"Ada kenaikan kunjungan wisatawan pada tahun 2015 di Cirebon sebanyak 15 persen," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Cirebon, Dana Kartiman di Cirebon, Kamis (21/1).

Pada tahun 2014 kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik sebanyak 596,046 orang dan pada tahun 2015 menjadi 686,121 orang atau sekitar 15 persen. Menurut dia, kenaikan kunjungan wisatawan salah satunya adalah adanya akses jalan ke Cirebon yang semakin mudah, yaitu dengan adanya tol Cipali.

"Adanya tol Cipali sangat mempengaruhi kenaikan kunjungan wisatawan ke Cirebon," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk kenaikan kunjungan wisatawan yang terbanyak yaitu ketika liburan panjang dan bulan-bulan yang banyak hari liburnya.

"Kunjungan wisatawan ke Cirebon rata-rata saat libur panjang, seperti libur Lebaran, Natal dan akhir tahun," tambahnya.

Obyek wisata yang ada di Cirebon kebanyakan adalah wisata budaya dan juga wisata sejarah, dimana di Cirebon sendiri ada 19 obyek wisata. Ia menargetkan untuk kunjungan wisatawan pada tahun 2016 ini bisa mencapai 20 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement