Kamis 14 Jan 2016 09:35 WIB

Kepala BPN Minta Lahan Dimanfaatkan untuk Kesejahteraan Rakyat

Lahan kosong. NJOP DKI Jakarta naik mulai Februari
Foto: Republika
Lahan kosong. NJOP DKI Jakarta naik mulai Februari

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan minta supaya lahan yang tersedia harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. "Jangan sampai lahan yang ada tidak dimanfaatkan karena itu akan bisa mubazir, " kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Ferry Mursyidan usai membuka rapat kerja nasional agraria di Palembang, Rabu (13/1).

Dia mengatakan, bila ada lahan belum digunakan maka bisa dipinjamkan kepada warga yang membutuhkan selama beberapa tahun.  Sehingga fungsinya betul-betul bermanfaat.

Ferry menyebut lahan harus bermafaat bukan hanya menginginkan kepemilikan saja. Apalagi bila ada lahan yang kosong bertahun-tahun karena tidak digarap, menurutnya, hal itu bisa saja memancing masyarakat untuk memiliki.

Sehubungan itu lahan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya supaya dapat menambah pendapatan masyarakat. Menurutnya, pemerintah saat ini cukup serius dalam memanfaatkan lahan yang ada. Dia mencontohkan, pemerintah telah membentuk badan restorasi lahan gambut untuk memanfaatkan lahan yang belum digarap. 

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, memang lahan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya seningga dapat meningkatkan perekonomian warga. Jangan sampai lahan hanya untuk kepemilikan, namun tidak dimafaatkan dengan sebaik-banyaknya. Sayangnya, Alex tidak menyebutkan ada berapa luas lahan yang belum dimanfaatkan di Sumatra Selatan saat ini. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement