Senin 11 Jan 2016 16:09 WIB

Tanda-Tanda Kena Racun Sianida yang Diduga Jadi Penyebab Kematian Mirna

Rep: c33/ Red: Bilal Ramadhan
Anggota Reskrim Polda Metro Jaya melakukan pra-rekonstruksi di Cafe Olivier, Mal Grand Indonesia, Jakarta, Senin (11/1).  (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Anggota Reskrim Polda Metro Jaya melakukan pra-rekonstruksi di Cafe Olivier, Mal Grand Indonesia, Jakarta, Senin (11/1). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Racun sianida diduga dipakai untuk membunuh Wayan Mirna (27 tahun) saat menyeruput kopi. Pakar kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama menyebutkan sejumlah tanda-tanda ketika manusia mengalami kondisi keracunan sianida berikut ini.

(Baca: Kematian Mirna dan Tiga Tas Misterius di Atas Meja)

Pertama, Prof Tjandra mengatakan tanda awal dari keracunan sianida adalah peningkatan frekuensi pernapasan, nyeri kepala dan sesak napas. Kedua, adanya perubahan perilaku seperti cemas, agitasi dan gelisah serta berkeringat banyak. Bahkan warna kulit pun akan berubah kemerahan, tubuh terasa lemah dan vertigo juga dapat muncul.

"Tanda akhir sebagai ciri adanya penekanan terhadap susunan saraf pusat dalam bentuk tremor, aritmia, kejang-kejang, koma, dan penekanan pada pusat pernafasan, gagal nafas sampai henti jantung," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (11/1).

(Baca: Detik-Detik Kematian Mirna Usai Menyeruput Kopi Vietnam)

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan itu mengatakan yang mengakibatkan timbulnya kematian adalah karena sianida mengikat bagian aktif dari enzim sitokrom oksidase.

Alhasil kondisi itu akan mengakibatkan terhentinya metabolisme sel secara aerobic serta gangguan respirasi seluler. "Sebagai akibatnya hanya dalam waktu beberapa menit akan mengganggu transmisi neuronal," ujarnya.

(Baca: Kata Pakar Kesehatan Soal Racun Diduga Penyebab Kematian Mirna)

Sebelumnya, perempuan bernama Wayan Mirna Salimin meninggal dunia usai minum seteguk kopi pada Rabu, (6/1) sekitar pukul 22.00 WIB. Korban sedang meminum es kopi Vietnamens di Restauran Olivia West Mall Grand Indonesia lantai ground floor Tanah Abang Jakarta Pusat. Sampai saat ini aparat berwajib baru saja menjalankan proses pra-rekonstruksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement