Senin 11 Jan 2016 08:23 WIB

Kekuatan Ade Komarudin untuk Duduki Ketua DPR

Ade Komarudin
Foto: Republika/ Wihdan
Ade Komarudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago memperkirakan pelantikan Ade Komarudin sebagai ketua DPR berjalan lancar, dengan melihat berbagai indikator dan kuatnya posisi politik yang bersangkutan.

"Pelantikan Ade Komarudin (Akom) jadi ketua DPR diprediksi akan berjalan lancar dan hampir tidak ada hambatan yang berarti di Sidang Paripurna DPR," katanya, Senin (11/1).

Pangi Chaniago menjelaskan, indikatornya pertama, Akom sudah ditetapkan tanggal 18 Desember 2015 di rapat paripurna penutupan masa sidang II sebagai ketua DPR definitif. Hal itu, menurut dia, diartikan bahwa secara de facto sudah sah, tinggal pelantikannya secara de jure formalitasnya.

"Walaupun ada nama baru dari internal Golkar yaitu Agus Gumiwang, tetap kalah 'jam terbang' dan tenggelam oleh Akom," ujarnya.

Kedua, menurut Pangi, Akom dengan PDIP dan Megawati punya kedekatan historis yang sangat panjang. Dia menjelaskan, ketika naiknya Megawati jadi presiden mengantikan Abdurrahman Wahid (Gusdur), Akom punya andil besar sehingga Megawati berjalan mulus menjadi Presiden RI.

"Kita tidak bisa menafikan bahwa elite penentu di PDIP tetap Megawati yang bisa memberhentikan kegaduhan politik dan memuluskan pelantikan ketua DPR definitif," katanya.

Pangi menjelaskan indikator ketiga, Akom sangat dekat dengan tokoh-tokoh penting atau inner circle PDIP dengan pengalaman Akom hampir lima periode 18 tahun menjadi anggota DPR. Menurut dia, dengan pengalaman Akom itu tentu saja sudah banyak berkomunikasi dan berteman baik termasuk dengan elite PDIP.

"Keberhasilan Akom jadi ketua fraksi bukti Akom lihat dan cerdik memproyeksi agenda setting politik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement