Ahad 10 Jan 2016 21:21 WIB

Pemindahan Patung Soekarno Hatta Mulai Esok Dini Hari

Rep: C36/ Red: Maman Sudiaman
Pekerja menggunakan alat berat melakukan persiapan pemindahan Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/1).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pekerja menggunakan alat berat melakukan persiapan pemindahan Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Humas PT Angkasa Pura II, Yado Harisamanu mengatakan usai dipindah patung Soekarno Hatta tetap menghadap ke arah Timur.

"Tetap menghadap timur (Jakarta). Telunjuk Soekarno menunjuk ke arah yang sama," ungkapnya saat dihubungi secara terpisah.

Peletakan patung di posisi yang baru akan memudahkan patung dapat dilihat dari segala arah. Nantinya, lokasi baru patung Soekarno Hatta akan menjadi titik utama Bandara Soetta. Berdasarkan grafis rencana pembangunan Bandara Soetta ke depan, patung Soekarno Hatta akan dilengkapi dengan taman dan air mancur.

Hal itu dibenarkan oleh Agung Sedayu. Usai dipindah, patung akan dipermanenkan dan dipercantik kelengkapannya."Akan ada taman dan air mancur yang mengelilingi patung. Pengerjaannya diprediksi selesai pada Februari mendatang," tutur dia.

Selain patung Soekarno Hatta, patung replika pesawat RI 001 Seulawah juga akan dipasang di depan Terminal 3. Pesawat Seulawah merupakan pesawat bersejarah bagi Indonesia. Pesawat itu adalah pesawat pertama yang dimiliki.Republik Indonesia pasca kemerdekaan.

Patung lain yang akan ditempatkan di Bandara Soetta adalah patung Garuda karya seniman Bali ternama, Nyoman Nuarta. Patung garuda tersebut akan dipasang tidak jauh dari lokasi lama patung Soekarno Hatta. Bentuk visual patung digambarkan sebagai burung garuda yang sedang mengepakkan sayapnya.

"Konsep Bandara Soetta ke depannya adalah art cultural airport. Akan ada batu prasasti, penjor yang seolah tampak menyambut pendatang serta penggantian tulisan Bandara Soekarno Hatta di pintu masuk depan. Kami akan menonjolkan sejarah dan juga budaya nusantara di Bandara Soetta," tambah Agung.

Di lokasi lama patung Soekarno Hatta akan dibangun east cross taxi way untuk memudahkan pergerakan pesawat dari runway 1 ke runway 2. Menurut Agung, pembangunan east cross taxi way baru memasuki masa lelang tahap I. "Masih persiapan dan kami jalan terus," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement