Ahad 10 Jan 2016 21:21 WIB

Pemindahan Patung Soekarno Hatta Mulai Esok Dini Hari

Rep: C36/ Red: Maman Sudiaman
Pekerja menggunakan alat berat melakukan persiapan pemindahan Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/1).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pekerja menggunakan alat berat melakukan persiapan pemindahan Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Jalan Raya Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemindahan patung proklamator Soekarno - Hatta dari jalan P1 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) belum tuntas hingga Ahad (10/1). Patung Muhammad Hatta belum dipindahkan ke lokasi baru.

Head of Project Management Unit Bandara Soetta, Agung Sedayu, menuturkan sedianya patung Muhammad Hatta akan dipindahkan pada Ahad dinihari. "Namun, karena kepadatan arus lalu lintas, pemindahan patung ditunda. Akhir pekan memang menjadi saat kepadatan pengunjung bandara Soetta," jelas Agung kepada Republika.co.id, Ahad (10/1).

Dia memastikan patung Muhammad Hatta akan dipindah pada Senin (11/1) dinihari. Saat ini patung tersebut telah dilepaskan dari alasnya dan hanya tinggal diangkut ke lokasi baru di dekat bundaran menuju Terminal 3 Bandara Soetta.

Sebelumnya, patung Soekarno lebih dulu dipindahkan pada Sabtu (9/1). Saat itu, pemindahan patung Soekarno direncanakan dilakukan sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

Patung Soekarno - Hatta berada di Jalan P1 Bandara Soetta. Patung tersebut diresmikan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada 2007 lalu. Sebelumnya, pihak PT Angkasa Pura II menjadwalkan pemindahan patung Soekarno Hatta pada Jumat - Sabtu (8-9/1).

Data yang dihimpun Republika, patung proklamator tinggi total patung Soekarno Hatta mencapai 12,6 meter dari atas tanah. Patung  berdiri di atas landasan batu granit setinggi 4,8 meter. Tinggi kedua patung tanpa landasan tercatat sekitar 7,8 meter.

Patung Soekarno Hatta dibuat oleh pematung asal ITB, Sunaryo. Patung Soekarno ditampilkan berkopiah dengan tangan kanan menunjuk ke depan. Patung Muhammad Hatta tampak menenteng sebuah buku di tangan kirinya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement