Jumat 08 Jan 2016 21:36 WIB

Sistem Keamanan Ciptaan Indonesia Mampu Kejutkan Dunia

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ilham
Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Djoko Setiadi.
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Djoko Setiadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chairman lembaga riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Pratama D Persadha memaparkan, Indonesia sudah sangat mampu memproduksi aplikasi sistem keamanan yang sangat canggih. Saking canggihnya, aplikasi sistem keamanan ciptaan anak negeri tersebut mampu mengejutkan masyarakat dunia.

"Sudah mampu banget (membuat aplikasi sistem keamanan). Masyarakat dunia malah kaget Indonesia mampu membuat sistem keamanan yang sangat canggih," kata Pratama saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (8/1).

Sebelumnya, Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Djoko Setiadi mengatakan, lembaganya siap meningkatkan sistem keamanan informasi agar tak ada info penting negara yang bocor. Untuk mengamankannya, kata dia, diperlukan satu teknologi canggih yang tak dapat ditembus pihak luar.

Menurut Djoko, teknologi itu kini sudah mampu dibuat di dalam negeri. Ia menjamin, data-data penting negara aman karena dilindungi oleh sistem pengamanan yang dibuat oleh anak negeri.

Dia pun mengimbau agar lembaga pemerintahan lain tidak memakai aplikasi buatan asing untuk mengamankan informasi. Sebab, aplikasi buatan asing mudah disusupi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement