Kamis 07 Jan 2016 19:18 WIB

Lukis 1.000 Dayung, Koarmatim Pecahkan Rekor Muri

Red: Ilham
Koarmatim dapat rekor muri lukis 1000 perahu
Foto: dok.Republika
Koarmatim dapat rekor muri lukis 1000 perahu

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dalam rangka menyambut HUT Yayasan Hang Tuah ke-31 tahun 2016, Koarmatim bekerja sama dengan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya berhasil pecahkan rekor melukis 1.000 Dayung. Lukisan dibuat siswa dan siswi SD, SMP, SMA/SMK Hang Tuah wilayah Surabaya dan Sidoarjo di Indoorsport Koarmatim, Surabaya, Kamis (7/1).

Pembukaan lomba secara resmi ditandai dengan pernyataan dan coretan cat pada media dayung yang dilakukan oleh Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah, Ny. Yustin Widodo.

Seluruh peserta dengan serius menggoreskan kuas dan cat mereka di dua sisi permukaan dayung dengan waktu dua jam. Pemecahan rekor Muri ini terlihat unik dengan dipilihnya dayung sebagai medianya.

Menurut Ketua Panitia, Agung Ambar, dayung memiliki filosofi yang cukup dalam, dimana merupakan suatu alat yang digunakan untuk menggerakan sebuah perahu menuju suatu pulau atau daratan. "Dayung juga memiliki filosofi sebagai norma yang berfungsi sebagai kontrol dari perilaku," katanya.

Usai menyelesaikan lukisannya, seluruh peserta berkesempatan untuk mengunjungi beberapa wahana pengetahuan, antaralain museum Patung Monjaya, Fleet House Koarmatim, serta KRI Dewaruci yang sandar di Dermaga Ujung Koarmatim.

          

Dalam lomba menggambar dengan media dayung ini ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri yaitu, harmonisasi warna yang digunakan, kebersihan, keserasian dan waktu.

Peserta terlihat sangat antusias karena 20 dari karya terbaik akan di tampilkan di museum Hang Tuah yang berada di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Dari hasil penilaian dewan juri, dari kriteria SD, juara 1 diraih Rayya Dipati dari SD Hang Tuah 11; juara 2 diraih oleh Devina dari SD Hang Tuah 12; dan juara 3 diraih oleh Veronika dari SD Hang Tuah 10.

Dari Kriteria SMP, juara 1 berhasil diraih oleh Candra Wulandari dari SMP Hang Tuah 5; juara 2 diraih oleh Celiing dari SMP Hang Tuah 2; dan juara 3 diraih oleh Nabila Aldini dari SMP Hang Tuah 4. Sedangkan dalam kriterian SMA, juara 1 diraih oleh Safira Kartika dari SMA Hang Tuah 5; juara 2 diraih oleh Abdul Haris dari SMA Hang Tuah 1; dan juara 3 diraih oleh Nia W. dari SMA Hang Tuah 4.

Dari Kategori SMK, SMK KAL 1 berhasil meraih juara 1 hingga 3 masing-masing bernama Achmad Kafabi, Restu, dan Akmawum.

          

Di akhir acara, Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Yustin Widodo menerima kenang-kenangan berupa hasil penyempurnaan coretan cat yang berhasil disempurnakan oleh Darmadi, pelukis profesional asal Sidoarjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement