Selasa 05 Jan 2016 13:53 WIB

Ketua MPR Ingatkan Persoalan Rapor Menteri Bisa Picu Kegaduhan

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Esthi Maharani
Zulkifli Hasan
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, pengumuman hasil kinerja para menteri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi bisa picu kegaduhan. Apalagi, tak sedikit menteri dalam Kabinet Kerja berasal dari partai politik.

"Menurut saya, karena menteri dari parpol, mungkin itu konsumsi internal. Kalau di-publish, membuat kegaduhan baru," kata Zulkifli, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/12.

Meski penilaian yang dilakukan Menpan RB pada dasarnya berdasarkan UU dan instruksi presiden.

"Tapi, menurut saya, karena menteri dari parpol, mungkin itu konsumsi internal. Kalau di-publish, membuat kegaduhan baru,'' kata Zulkifli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/12.

(Baca: Ini Daftar Peringkat Kementerian yang dibuat KemenPAN-RB)

Ia berpendapat, seharusnya kinerja para menteri tak perlu diumumkan ke publik, tetapi untuk konsumsi internal pemerintahan.

''Apakah disampaikan dalam sidang kabinet, atau ke menteri yang terkait. Jangan di-publish karena membuat kegaduhan baru,'' ucapnya.

Sebelumnya, Menpan RB Yuddy Chrisnandi mengumumkan kinerja kementerian/lembaga. Ada 10 kementerian yang memiliki kinerja baik. Posisi puncak ditempati oleh Kementerian Keuangan. Pada saat yang sama, ia juga mengumumkan 10 kementerian/lembaga yang kinerjanya buruk. Posisi buncit ditempati oleh Kejaksaan Agung.

(Baca juga: Jokowi Setuju Rapor Menteri Diumumkan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement