Sabtu 02 Jan 2016 20:26 WIB

Pemprov Jatim Petakan Daerah Rawan Bencana

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kanan) mengamati Gunung Bromo di Pos Pantau Pengamatan Gunung Api Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (18/12).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kanan) mengamati Gunung Bromo di Pos Pantau Pengamatan Gunung Api Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (18/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah memetakan daerah-daerah rawan bencana. Menurut Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf pemetaan itu sebagai bentuk antisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi, sekaligus kesiapan menanganinya.

"Kami tidak berharap ada bencana di Jatim, tapi kalau memang ada maka segalanya harus siap dan jangan sampai ada korban," ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Sabtu (2/1).

Orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut tak menampik jika sejumlah daerah di wilayahnya rawan bencana, seperti banjir, tanah longsor, puting beliung hingga gunung meletus. Karena itulah ia meminta seluruh pihak, terutama pemerintah daerah setempat tidak lengah dan waspada terhadap apa yang mungkin bisa terjadi.

"Ada bencana yang bisa diprediksi sehingga harus dilakukan pencegahan agar tidak sampai terjadi. Aparat dan pemerintah daerah harus tahu apa yang dilakukannya," ucapnya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, memisalkan seperti di daerah aliran Bengawan Solo dan permukiman di lereng gunung berapi yang memang sudah dilakukan simulasi dan berbagai koordinasi dengan pihak terkait. "Harapan kami, kalau situasinya darurat maka masyarakat sudah harus tahu apa yang dilakukannya. Ini telah kami pikirkan, tapi semoga tidak sampai terjadi bencana," kata mantan menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu.

Di sisi lain, ketika disinggung tentang aktivitas Gunung Bromo, Gus Ipul mengaku semua aktivitas masih aman selama dilakukan di luar titik yang ditentukan, yakni 2,5 kilometer dari kawah puncak. "Intinya, segela aktivitas di luar kawasan lautan pasir tidak ada masalah. Masyarakat yang akan berwisata kami persilakan datang beramai-ramai karena memang sangat indah," katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur untuk kondisi Gunung Bromo pada Sabtu (2/1) pukul 06.00-12.00 WIB, cuaca terpantau cerah-mendung dan angin tenang yang suhu berkisar 14-17 derajat celcius.

Sedangkan, kondisi gunung berkabut, asap kelabu kecoklatan tebal dengan tekanan sedang hingga kuat dengan ketinggian 1.200 meter dari puncak atau 3.529 meter di atas permukaan laut ke utara sampai barat laut, serta kondisi tremor amax mencapai 3-22 mm dan dominan 5 mm.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement