Selasa 29 Dec 2015 15:56 WIB

Pengamat: Dibutuhkan Menteri yang Hormat kepada Presiden Jokowi'

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bilal Ramadhan
Arbi Sanit
Foto: Wikipedia
Arbi Sanit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik Arbi Sanit mengatakan, perlu dilakukan reshuffle terutama menteri-menteri yang berkaitan dengan urusan ekonomi. Namun menteri-menteri penggantinya sebaiknya berasal dari kalangan profesional sebab kalangan profesional biasanya lebih menghormati dan patuh kepada Presiden Jokowi.

"Presiden Jokowi sangat kurang pengaruhnya.  Makanya dibutuhkan menteri-menteri yang menghormati dan menghargainya supaya mereka bisa loyal dan patuh kepada perintahnya," katanya, Selasa, (29/12).

Menteri-menteri yang menghormati Presiden saat ini sangat dibutuhkan. Kalau menteri dari parpol maka akan lebih loyal kepada parpolnya daripada kepada Presiden. Makanya lebih baik mencari menteri dari kalangan profesional, mereka akan melayani negara bukan parpol dan lebih mematuhi Presiden.

Menurut Arbi, kalau presiden yang kuat seperti SBY dulu, menteri dari parpol tidak berani minta macam-macam sebab SBY mampu mengendalikan menteri-menterinya. "Kalau di era Jokowi, orang-orang dari PDIP bisa saja seenaknya minta ini dan itu," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement