Selasa 29 Dec 2015 10:44 WIB

'Terompet Terbuat dari Sampul Alquran Gagal Cetak'

Rep: Edy Setiyoko / Red: Angga Indrawan
Terompet tahun baru
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Terompet tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, WONOGIRI -- Pascatemuan terompet Tahun Baru yang diduga terbuat dari sampul Alquran, petugas kepolisian Jawa Tengah gencar melakukan razia. Salah satunya, Polres Wonogiri yang kemudian mendapati juga terdapat terompet yang terbuat dari sampul buku Alquran.

Polisi melakukan penyisiran ke sentra perajin terompet di wilayah Kecamatan Bulukerto. Perajin dikumpulkan dan diberi pengarahan. Razia salah satunya dari toko produksi terompet milik PS. Di sana disita kertas bahan terompet bertuliskan Arab. 

Baca: Terungkap, Ini Perusahaan Pemasok Bahan Baku Terompet dari Sampul Alquran

Perajin wayang kertas dan terompet asal Kecamatan Bulukerto, Giyarto, mengaku, selama ini perajin membeli kertas bekas dari percetakan. Dan, apabila kebetulan kertas yang dibeli betuliskan huruf Arab, tentu hasil produksi Alqur'an yang salah cetak. 

"Iya benar, bahan baku kita kertas dari percetakan yang gagal cetak. Bisa jadi itu Alquran yang gagal cetak," kata Giyarto.

Melihat fakta demikian, Giyarto berharap polisi  bijaksana dalam menangani kasus ini. Jika memang benar itu Alquran, pasti akibat ketidaktahuan masyarakat. Jadi, bukan sebuah kesengajaan.

Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean, mengaku tengah melakukan penyelidikan dan pendalaman masalah ini. Ia minta perajin terompet lebih jeli dan teliti dalam menggunakan kertas sebagai bahan baku terompet.

Ada Lagi, Terompet Berbahan Sampul Buku Iqra

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement