Selasa 29 Dec 2015 06:29 WIB

Deddy Mizwar: Pencak Silat Sarana Bela Negara

Pertandingan pencak silat (ilustrasi)
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Pertandingan pencak silat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan pencak silat diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan pada tanah air. Pencak Silat, tegasnya, dapat menjadi sarana untuk bela negara.

"Silat dibutuhkan untuk siapa saja Warga Negara Indonesia yang memiliki kecintaan pada Tanah Air untuk Bela Negara," kata Deddy Mizwar saat membuka `Kejuaraan Pencak Silat Nasional 2015 Forum Komunikasi Bersama Perantau Seluruh Indonesia' (FORKOB PERSINDO CUP-1) di Bandung, Senin (28/12).

Menurut dia, bela negara akan dilakoni seorang yang memiliki karakter pendekar dan karakter pendekar tersebut adalah sifat jujur, berani, kuat dalam membela yang benar. Karakter ini, sambungnya, perlu ditanamkan pada diri siapapun, yang bergerak dalam bidang apapun.

Deddy menilai, pencak silat adalah bidang yang tepat untuk dikompetisikan karena ada beberapa fungsi yang ditawarkan beladiri ini. Pertama, Pencak Silat dapat dipertunjukan sebagai seni yang memiliki nilai keindahan hasil eksplorasi gerakan-gerakan yang ada. Kemudian Pencak silat dapat pula dimanfaatkan sebagai olahraga yang membentuk generasi bangsa yang sehat dan kuat. Lalu, karena berasal dari bumi Indonesia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement