Senin 28 Dec 2015 00:56 WIB

Mengenal Boxing Day di Inggris

Red: M Akbar
aktivitas berbelanja pada boxing day
Foto:

Anggaran

Umumnya perencana keuangan di Amerika dan Inggris menyarankan belanja baju dan sepatu saja adalah sebesar 5-10 persen dari total gaji setahun. Hal ini juga melihat ukuran rata – rata belanja keluarga di negara maju misalnya di Inggris. Menurut Office for National Statistics, bagi keluarga beranak dua, belanja baju dan sepatunya pada tahun 2013 adalah sekitar 1.200 pounds atau Rp 24 juta dalam satu tahun.

Jika mengikuti persentase di atas, untuk ukuran di Indonesia dengan keluarga berpenghasilan Rp 100 juta pertahun maka belanja baju dan sepatunya adalah sekitar Rp 5-10 juta per keluarga dalam satu tahun.

Namun berbeda dengan Indonesia, penduduk yang tinggal di empat musim memerlukan baju lebih bervariasi bukan hanya model tetapi juga fungsinya sesuai dengan musimnya.

Kesimpulan

Di mata perusahaan, pembeli itu ada dua macam; yang suka belanja barang keluaran model terbaru dan pembeli yang tidak peduli dengan model atau produk cacat asal harganya dibanting.

Nah, bagi pembaca yang pebisnis, sudah tahu kan bagaimana memasang strategi bisnisnya? Secara syariah, tentu saja rukun jual beli harus dipenuhi, kejujuran akan informasi produk harus diinformasikan kepada pembeli, dan tidak berniaga dengan saling menyakiti (lihat QS An-Nisa (4): 29).

Bagi pembeli yang cerdik, belanja kebutuhan rumah tangga setahun sekali saat program diskon bisa menghemat asalkan kembali ke tips-tips di atas; terencanakan dengan baik, sesuai dengan tujuan syariah, dan tidak memaksakan semua keinginan.

Rasulullah SAW pernah mengajarkan Fatimah Az-Zahra putrinya dan Ali bin Abi Thalib menantunya, bagaimana mengendalikan keinginannya yang waktu itu ingin meminta pembantu (khadimat) yaitu dengan banyak berzikir; tasbih, tahmid, takbir masing-masing 10 kali setelah sholat dan 33 kali sebelum tidur (HR Bukhari dan Muslim). Alangkah baiknya anjuran ini kita amalkan untuk mengendalikan ribuan keiginan kita. Wallahu a'lam bis-shawaab. Salam Sakinah!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement