Ahad 27 Dec 2015 16:11 WIB

Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Jasa Marga Berlakukan Jalur Satu Arah

Rep: c37/ Red: Esthi Maharani
Kemacetan panjang terjadi di Tol Dalam Kota arah Tol Cikampek, Kamis (24/12).  (Republika/Yasin Habibi)
Kemacetan panjang terjadi di Tol Dalam Kota arah Tol Cikampek, Kamis (24/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Untuk mengantisipasi kemacetan pada puncak arus balik libur natal dan tahun baru, Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek telah menyiapkan sejumlah langkah. Salah satunya dengan melakukan contra flow atau penutupan jalur, menuju arah Cikampek.

Humas Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto menjelaskan, sebelum melakukan contra flow, pihaknya akan menertibkan kendaraan agar tidak mengantre panjang di satu rest area (tempat istirahat).

"Kalau antrean sudah panjang kita berlakukan contra flow. Jadi nambah satu jalur lagi ke arah Jakarta, dan arah Cikampek kita tutup satu jalur dengan railing," katanya, Ahad (27/12).

(Baca juga: Polri Siap Antisipasi Kemacetan Arus Balik Libur Natal)

Adapun contra flow yang dilakukan antara lain pada rest area KM 65, contra flow akan dimulai dari KM 65 hingga KM 61.5. Pada rest area KM 52 contra flow akan dimulai dari KM 53.1 hingga KM 50. Lalu pada rest area KM 42 contra flow akan dimulai dari KM 44.8 hingga KM 42.2.

"Apabila gerbang Tol Cikarang Utama 2 dan 3 terjadi kepadatan, maka dilakukan pengalihan melalui gerbang Tol Cikarang Barat 2 dan berputar masuk melalui gerbang Tol Cikarang Barat 4," jelasnya.

Puncak arus balik libur akhir tahun, diprediksikan mulai pada Ahad (27/12) sore, dan 3 Januari mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement