Sabtu 26 Dec 2015 23:47 WIB

Puncak Arus Balik Libur Natal Diprediksi Terjadi Ahad Siang

Rep: C21/ Red: Bayu Hermawan
Kepala Polda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kepala Polda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian memprediksi puncak arus balik libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Raya Natal, akan terjadi pada Ahad (27/12) besok.

"Kita perkirakan minggu besok mulai kembali ke Jakarta. Karena mungkin mau kerja hari Senin, Selasa, Rabu," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (26/12).

Tito mengatakan dalam rapat koordinasi yang dilakukan di Mapolda Metro Jaya, persiapan pengamanan akan dilakukan di Jalur Cikampek - Jakarta, Jalur Puncak Bogor - Jakarta dan Merak - Tangerang - Kebun Jeruk.

"Kita sudah lakukan langkah koordinasi dari Korlantas Polri, Polda Metro Jaya, seluruh Kapolres dibawah PMJ, Kapolres Karawang, Kapolres Bogor, Dirut Jasamarga, Dishub DKI dan Jawa Barat," jelasnya.

Selain itu, koordinasi juga telah dilakukan dengan Organda dan Asops Kodam yang diharapkan dapat mengantisipasi segala sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk arus balik sendiri jajaran kepolisian akan melakukan persiapan sejak pagi. Meskipun perkiraan arus mulai ramai terjadi dari pukul 13.00 Wib - malam.

"Teknis dari pengalaman kita kemarin, beberapa penyebab kemacetan adalah jumlah kendaraan di masuk dalam Tol," katanya.

Namun, untuk mengatasi jika terjadi kepadatan kendaraan, nantinya akan dilakukan pengalihan arus. Salah satunya warga ibu kota yang telah berwisata ke Bandung.

Misalkan terjadi kepadatan, maka akan ada peralihan kendaraan ke jalan arteri penghubung Karawang - Bekasi. Di sana juga sudah terdapat pos pengamanan dari Jajaran Kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI.

Selain di dalam Tol, persiapan juga diprioritaskan di pintu keluar (masuk) DKI Jakarta. Beberapa titik yang dijaga adalah Pancoran, Kuningan, dan Semanggi. Kemudian titik rawan, terdapat di Cibubur Junction, Cimanggis, Cilitan dan Pasa Rebo yang masuk melalui Jakarta Outer Ring Road (JORR).

"Di Jakarta Selatan, yaitu JORR masuk ke Tangerang akan kita kuras juga," ucapnya.

Terakhir adalah mengenai arus Tangerang-Kebon Jeruk, jika terjadi kepadatan kemungkinan pembayaran akan dipercepat. Sementara itu, lampu merah Tomang juga akan diperkuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement