Kamis 24 Dec 2015 06:32 WIB

Anggota DPD ini Dorong Pembentukan Provinsi Kepulauan Buton

Pemekaran Daerah (ilustrasi)
Foto: pamongreaders.com
Pemekaran Daerah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H Abdul Jabar Toba berjanji akan memperjuangkan pembentukan empat daerah otonomi baru (DOB) di Sulawesi Tenggara (Sultra) termasuk pembentukan Provinsi Kepulauan Buton.

"Usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton, Kota Raha, Konawe Timur dan Kabupaten Kabaena, sudah sampai di DPR RI. Kami sebagai wakil daerah di pusat, akan memperjuangkan terbentuknya empat DOB itu melalui Komisi II DPR RI," katanya pada Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Aspirasi Daerah di Kendari, Rabu.

Menurut dia, selama undang-undang otonomi daerah masih berlaku, masih sangat memungkinkan terbentuknya pemekaran berbagai wilayah di Indonesia.

Oleh karena itu kata dia, DPD RI sebagai wakil daerah di parlemen, akan memperjuangkan pemekaran berbagai wilayah di Indonesia yang memang memenuhi syarat untuk menjadi provinsi atau kabupaten/kota otonom.

"Pembentukan DOB akan menjadi awal percepatan pembangunan di wilayah-wilayah pemekaran karena rentang kendali pelayanan pemerintah kepada masyarakat menjadi lebih dekat," katanya.

Ia mengakui risiko dari pembentukan DOB akan berimplikasi pada berkurangnya nilai APBD daerah induk secara signifikan, namun hal itu tidak menjadi kendala karena luas wilayah dan jumlah penduduk juga berkurang.

Bahkan, jika diakumulasi nilai APBD daerah induk dan DOB, maka nilainya menjadi lebih besar bila dibandingkan dengan nilai APBD sebelum daerah induk dimekarkan.

"Jadi, pemekaran sesungguhnya sangat menguntungkan daerah, baik daerah induk maupun DOB. Oleh karena itu, sejauh usulan DOB memenuhi syarat ketentuan undang-undang, DPD RI akan berjuang membantu terbentuknya DOB," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement