Selasa 22 Dec 2015 16:35 WIB

Dilintasi KA Bandara, Stasiun Batu Ceper Dibangun Dua Lantai

Rep: c36/ Red: Esthi Maharani
Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Stasiun Batu Ceper yang berada di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang akan dibangun menjadi dua lantai. Stasiun ini akan dilintasi Kereta Api (KA) Cepat Bandara Soekarno - Hatta (Soetta).

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI), Agus Komarudin, mengatakan Stasiun Batu Ceper nantinya menjadi satu-satunya stasiun di dalam Kota Tangerang yang akan disinggahi KA cepat Bandara. Stasiun lain yang masih masuk wilayah Kota Tangerang adalah stasiun Bandara Soetta yang saat ini tengah dibangun di kawasan M1 bandara.

"Stasiun Batu Ceper rencananya dibangun menjadi dua lantai. Lantai pertama untuk peron, bangunan komersial serta jalur penghubung menuju Terminal Poris Plawad," jelas Agus ketika dihubungi Republika, Selasa (22/12).

Stasiun tersebut nantinya akan dilewati KA cepat bandara dan KRL Jabodetabek. Stasiun pun akan terintegrasi langsung dengan Terminal bus Poris Plawad.

Agus melanjutkan, pembangunan Stasiun Batu Ceper akan diprioritaskan setelah pembebasan lahan jalur KA cepat bandara selesai pada 2016. Pembangunan melanjutkan jalur dan stasiun yang telah lebih dulu dibangun di Bandara Soetta.

"Dari Stasiun Batu Ceper, KA bandara akan langsung menuju ke Stasiun Bandara Soetta. Sebelumnya, kereta berangkat dari Stasiun Manggarai, melintasi Stasiun Sudirman Baru, berlanjut ke Stasiun Duri hingga sampai di Stasiun Batu Ceper," papar Agus.

Untuk diketahui, panjang jalur KA Bandara mencapai 36 , 3 kilometer dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Bandara. Pembangunan awal pada 2016 akan fokus di jalur sepanjang 12, 1 kilometer antara Bandara Soetta dengan Stasiun Batu Ceper. Sementara panjang jalur KA Bandara sejak Stasiun Manggarai hingga Stasiun Batu Ceper mencapai 24,2 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement