Selasa 15 Dec 2015 18:59 WIB

Jokowi Minta Pariwisata Jadi Prioritas Pembangunan Nasional

Presiden Joko Widodo
Foto: Reuters/ Yuri Gripas
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Suasana diskusi antara Menpar Arief Yahya dan pelaku industri pariwisata di Lombok, belum lama ini, mengungkap sebuah fakta menarik. Banyak testimoni optimistik, setelah Lombok dinobatkan sebagai peraih The Best Halal Destination Award 2015 dan The Best Halal Honeymoon Award 2015 di Abu Dhabi, UAE lalu.

Untungnya, pelaku bisnis dan industri pariwisata di Lombok tidak terjebak oleh pro kontra dan debat kusir yang tak berujung pangkal. Semua langsung fokus, berjualan dengan branding baru Halal Destination.

Hasilnya? Pemilik hotel yang berada di dekat Bandara International Lombok (BIL), Faisal Hadi mengaku kewalahan menerima lonjakan wisatawan mancanegara (wisman).

"Wisman dari Arab itu tidak pelit, tidak irit, dan mau yang terbaik, kalau sungkan menyebut yang termahal. Saya sudah mengalami sendiri, karena itu saya arahkan ke hotel bintang lima yang paling mahal dan paling lengkap fasilitasnya di Senggigi. Kami pelaku bisnis pariwisata merasakan manfaat itu,” katanya.

Menurut Hadi, mereka juga minta kalender kegiatan yang terkait dengan budaya Muslim di Lombok. Khusus wisman Muslim asal Singapura, mereka ingin melihat suasana seperti Idul Adha dan berkurban di sini.

"Mereka ingin melihat suasana Ramadan, suasana hari besar 1 Muharram, Tahun Baru Islam, suasana maulud nabi, juga Isra Miraj. Mereka sulit merayakan bersama-sama di sana, hanya disediakan satu tempat yang sempit, dan tidak seperti di Indonesia, ada malam takbiran, ada keliling takbiran, ada tarawih di masjid, ada suara azan lima kali sehari,” katanya.

Tidak bisa ditawar lagi, Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, pariwisata sudah dijadikan salah dari prioritas pembangunan nasional, selain pangan, energi, dan maritime. Lalu, Lombok Mandalika juga dimasukkan dalam 10 destinasi utama, selain Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Pulau Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah-Jogja, Bromo Jawa Timur, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Malut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement