Jumat 04 Dec 2015 15:29 WIB

Purwakarta Seleksi Duta Desa yang Terampil

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Indah Wulandari
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta, Jawa Barat akan menggelar seleksi duta desa.

Seleksi  dilaksanakan pada Maret 2016 mendatang. Jadi, bagi remaja yang usianya di bawah 20 tahun, bisa mendaftarkan diri untuk jadi duta desa dengan memenuhi persyaratan khusus.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, duta desa ini tidak melulu harus cantik atau tampak. Jadi, syaratnya tidak mengutamakan penampilan fisik. Melainkan, mereka yang benar-benar memiliki keterampilan atau wawasan mengenai pedesaan. Seperti, terampil dalam bertani, beternak, menenun, atau ahli dalam memasak.

"Kalau duta yang penampilannya cantik dan tampan itu sudah biasa. Kita cari yang berbeda," ujar Dedi, kepada Republika.co.id, Jumat (4/12).

Kebutuhan untuk duta desa ini, mencapai 348 remaja. Sebab, di Purwakarta ada 192 desa dan kelurahan. Masing-masing desa dan kelurahan, akan memiliki sepasang (remaja perempuan dan laki-laki) duta.

Kenapa desa dan kelurahan harus punya duta? Alasannya, lanjut Dedi, karena desa harus jadi spirit pembangunan. Desa juga harus jadi pilar ekonomi. Makanya, Purwakarta membutuhkan duta-duta yang memiliki kreativitas, inovasi, dan produktivitas. Anda berminat jadi duta desa?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement