Rabu 02 Dec 2015 09:59 WIB

10 Capim KPK Jalani Pembuatan Makalah

KPK
KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi III DPR RI menjadwalkan mengundang 10 calon pimpinan KPK di ruang Komisi III Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (2/12). 10 Capim diagendakan untuk diberikan penjelasan dan menjalani pembuatan makalah .

"Calon pimpinan KPK yang kita undang hari ini, bukan cuma delapan tapi 10 calon, kita undang semuanya," kata anggota Komisi III DPR RI, Junimart Girsang, di Jakarta, Rabu (2/12).

Menurut Junimart, meskipun dua calon pimpinan KPK yakni Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata, sudah menjalani proses pembuatan makalah serta uji kelayakan dan kepatutan pada tahun lalu, tapi akan tetap diundang oleh Komisi III. Komisi III DPR RI menjadwalkan seluruh calon pimpinan KPK melakukan pembuatan makalah pada 2-4 Desember 2015.

Makalah tersebut, kata dia, isinya seputar penegakan hukum dan isu terkini, serta penyikapan calon pimpinan terhadap persoalan penegakan hukum. "Melalui makalah, dapat dilihat, wawasan, sikap, jiwa para calon pimpinan KPK. Wawasan yang akan kita lihat, bukan cuma wawasan berpikir, tapi wawasan jiwa mereka," katanya.

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, setelah semua calon pimpinan KPK mengumpulkan makalah, akan ditentukan lagi dalam rapat Komisi, apakah Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata harus menjalani uji kelayakan dan kepatutan lagi atau tidak. Jika rapat Komisi III memutuskan, Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata tidak menjalani uji kelayakan dan kepatutan lagi, maka keduanya akan langsung dipilih bersama delapan nama calon lainnya setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Komisi III DPR RI menjadwalkan akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon pimpinan KPK, pada Senin hingga Rabu, 14-16 Desember 2015. Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny K Harman, setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III langsung menyelenggarakan pleno untuk menetapkan pimpinan KPK periode 2015-2019.

Baca: Maroef: Demi NKRI, Saya Siap Beri Penjelasan ke MKD

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement