Rabu 25 Nov 2015 16:54 WIB

Gus Salam Klaim Didukung Muhaimin Jadi Ketum GP Ansor

Kader GP Ansor mengikuti pelatihan.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Kader GP Ansor mengikuti pelatihan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tim sukses KH Abdussalam Shohib (Gus Salam) mengklaim calon yang diusungnya itu didukung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin untuk memimpin Gerakan Pemuda Ansor periode 2015-2020.

"Alhamdulillah, beliau siap memberi dukungan penuh pada Gus Salam sebagai Ketua Umum GP Ansor hingga lima tahun ke depan," ujar Ahmad Hasby Munif, tim sukses bakal calon ketua umum GP Ansor Gus Salam, kepada wartawan di Surabaya, Rabu (25/11).

Kongres GP Ansor XV menggantikan Nusron Wahid yang habis masa jabatannya akan digelar 26-28 November 2016 di Pondok Pesantren Ki Ageng Pandanaran, Yogyakarta.

Menurut Gus Ahmad, sapaan akrabnya, keikutsertaan Gus Salam, pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang, dalam kongres kali ini diawali dengan sowan dan meminta izin tokoh Nahdlatul Ulama (NU) struktural maupun kultural.

Muhaimin, kata dia, beberapa kali bertanya tentang keseriusan Gus Salam maju pada kongres GP Ansor dan telah memberikan restu. "Wajar Muhaimin Iskandar mendukung Gus Salam. Selain memiliki hubungan kekerabatan, Gus Salam juga dikenal sebagai sosok yang santun dan supel. Sekalipun dia merupakan cucu dari KH Bisri Syansuri, salah satu pendiri NU," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Queen Al-Falah Ploso, Kediri tersebut juga menilai dukungan yang diberikan Muhaimin Iskandar merupakan sikap bijaksana dalam menyikapi proses pemilihan ketua umum GP Ansor tahun ini.

Meski melibatkan beberapa kader PKB, lanjut dia, tapi Muhaimin Iskandar lebih mengedepankan calon Ketua umum nanti adalah siapapun yang dianggap mampu membesarkan NU.

"Tentunya dia yang mengemas Ansor menjadi lebih menarik dan bisa berkontribusi pada bangsa Indonesia. Kendati demikiab, dalam kongres nantinya kalah atau menang tidak lantas membuat perjuangan berhenti dan bergandengan tangan demi kemaslahatan umat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement