Senin 23 Nov 2015 09:29 WIB

PT KAI Siap Aktifkan Kembali Jalur Jakarta Kota-Tanjung Priok

Rep: c33/ Red: Hazliansyah
Pekerja melakukan renovasi Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (9/11).   (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Pekerja melakukan renovasi Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (9/11). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan melalui Direktotat Jendral Perkeretaapian akan mengaktifkan kembali jalur kereta api untuk rute stasiun Jakarta Kota - Tanjung Priok. Diharapkan rute ini bisa membantu masyarakat dalam opsi moda transportasi darat ketika ingin pergi ke wilayah Tanjung Priuk.

Senior Manajer Coorporate Communication PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang Setio Prayitno membenarkan kabar itu. Ia  mengimbau kepada masyarakat di sepanjang jalur KA mulai dari stasiun Jakarta Kota - Kampung Bandan, Ancol hingga stasiun Tanjung Priok supaya tidak melakukan aktifitas di sekitar jalur KA.

"Panjang jarak antara kedua stasiun tersebut adalah 8,086 kilometer. Hati-hati melintas di perlintasan sebidang jalan raya dengan rel karena nanti akan ada uji coba," katanya ketika dihubungi pada Senin (23/11).

Ia mengakui reaktifasi rute tersebut tergolong terlambat. Sebab rute Citayam - Nambo yang berjarak 12,6 kilometer telah dioperasikan lebih dulu oleh PT KCJ. Padahal ia sempat ingin meresmikan kedua jalur tersebut bersamaan.

"Keterlambatan ini karena proses pekerjaan bidang prasarana yang memerlukan kecermatan untuk keselamatan operasional, seperti kondisi track pada lingkungan jalur, sistem persinyalan dan listrik aliran atas," jelasnya.

Nantinya Bambang berharap dalam proses uji coba tidak terjadi masalah. Dengan begitu maka PT KCJ bisa segera mengoperasikan kereta commuter line pada rute tersebut.

"Semoga rute ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement