Jumat 20 Nov 2015 13:27 WIB

Siang Ini, 2.000 Buruh Berkumpul di Tugu Proklamasi

Rep: c21/ Red: Maman Sudiaman
 Ribuan buruh melakukan long march dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Negara. (Ilustrasi) (Republika/Adhi Wicaksono)
Ribuan buruh melakukan long march dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Negara. (Ilustrasi) (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan buruh dari berbagai lokasi di Tanah Air siang ini mulai bergerak ke satu titik kumpul di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut Presiden Konfederasi Serikat Presiden Indonesia (KSPI), Said Iqbal sejumlah buruh tersebut telah berjalan kaki dari wilayah Lampung dan Bandung.

"Namun untuk Bogor dan Depok, akan bergabung dengan buruh Jakarta di wilayah Cakung, Jakarta Timur," ujar dia, Jumat (20/11).

Menurut Said, perwakilan dari masing-masing buruh sejumlah 300 orang. Mereka datang dari arah Bandung menuju Jakarta, melalui Purwakarta, sejak tanggal 16 November sejauh 300 meter. Sedangkan para buruh dari Lampung, memulai perjalanan mereka ke Jakarta dari tanggal 18 November. Namun untuk rombongan buruh dari Lampung, baru tiba di Daan Mogot.

"Kemungkinan mereka datang ke Jakarta pada pukul 14.30 WIB," tutur dia.

Mereka sendiri akan disambut oleh 2.000 buruh, dari Komite Aksi Upah Gerakan Buruh Indonesia. Adapun aksi long march pada hari ini akan difokuskan hanya di Tugu Proklmasi. (Baca juga: Siang ini ribuan buruh berunjukrasa di Istana).

Adapun tuntutan mereka tiga hal, yaitu cabut Peraturan Presiden (PP) No.78 Tahun 2015 tentang pengupahan, tolak formula upah minimum = inflasi + pertumbuhan ekonomi, meminta Gubernur menaikan upah rata-rata Rp 500 ribu dan memberlakukan upah umum sektoral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement