Rabu 18 Nov 2015 08:27 WIB

Ini Agenda JK di Manila

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indah Wulandari
Wapres Jusuf Kalla (kiri) turun dari pesawat sebelum bertolak ke Manila, Filipina untuk menghadiri KTT APEC, Selasa (17/11)
Foto: ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Wapres Jusuf Kalla (kiri) turun dari pesawat sebelum bertolak ke Manila, Filipina untuk menghadiri KTT APEC, Selasa (17/11)

REPUBLIKA.CO.ID,MANILA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla pagi ini memulai kegiatannya menghadiri pertemuan dalam Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Manila, Filipina, Rabu (18/11).

Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, pagi hari ini JK akan melakukan beberapa pertemuan dengan para petinggi APEC serta mengikuti pertemuan APEC Business Advisory Council (ABAC).

"Jadi pertemuan ABAC pleanery dan para pemimpin, pertemuan akan di break out menjadi lima grup, Pak Wapres berada di grup 2 bersama AS, New Zealand, dan Vietnam," jelas Retno di Manila, Filipina.

Usai pertemuan tersebut, JK diagendakan mengikuti pertemuan dengan para pemimpin persekutuan Pasifickdan dilanjutkan acara makan malam.

Menurut Retno, di sela-sela agenda, JK juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara, salah satunya dengan Perdana Menteri Papua Nugini. Sementara, berdasarkan agenda resmi, pertemuan bilateral dengan Papua Nugini akan berlangsung pada pukul 10.45 waktu setempat.

Di hari ketiga, JK dijadwalkan mengikuti pertemuan membahas masalah pertumbuhan inklusif melalui perekonomian yang terintegrasi serta masalah pertumbuhan inklusif melalui ketahanan dan keberlanjutan komunitas.

Terakhir, JK juga akan melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Manila. Kunjungan kerja JK di Manila, Filipina ini dilakukan selama empat hari, 17-20 November.

Dalam pertemuan internasional ini, ia didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, serta Kepala BKPM Franky Sibarani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement