Rabu 18 Nov 2015 05:55 WIB

Cerita Tentang Mahasiswa yang Bertamu di Kediaman Tan Malaka

Red: Nur Aini
Tan Malaka
Kondisi dalam rumah Tan Malaka, Koto tinggi, Sumatera Barat, Kamis (21/2).

"Hingga saat ini masih sering dikunjungi, setiap hari selalu ada. Pengunjung didominasi oleh mahasiswa, bukan masyarakat umum," kata Indra yang sekaligus sebagai penjaga bekas kediaman pahlawan itu, di Sarilamak, Selasa (17/11).

Mahasiswa yang berkunjung, katanya, tidak hanya berasal dari kampus yang terdapat di Sumatera Barat, melainkan juga dari luar Sumbar, termasuk Pulau Jawa.

Saat ditanyai kegiatan apa saja yang dilakukan pengunjung di rumah itu, Indra mengatakan beragam, mulai dari membaca, melihat-lihat, dan bertanya seputar Tan Malaka.

"Dalam rumah terdapat buku-buku yang berkaitan dengan Tan Malaka, mereka ada yang membaca, atau bertanya kepada saya. Ada juga di antara mereka yang meninggalkan buku di rumah itu sebagai penambah bahan bacaan," jelasnya.

Indra menyebutkan, jumlah pengunjung yang datang bervariasi setiap harinya. Paling banyak biasanya pada hari libur. Ia menjelaskannya, untuk berkunjung ke rumah itu pihak keluarganya tidak pernah membatasi waktu pengunjung.

"Pengunjung bebas, kami dari keluarga juga tidak pernah mengunci pintu masuknya. Jika memang nanti mereka membutuhkan keterangan keluarga, biasanya datang ke rumah saya yang tidak jauh dari rumah Tan Malaka," jelasnya.

Ia juga mengatakan tidak ada perbuatan-perbuatan tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh pengunjung di rumah itu. "Beruntung pengunjungnya bisa saling menjaga, tidak ada perbuatan-perbuatan tidak bertanggung jawab," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement