Selasa 17 Nov 2015 14:47 WIB

Sudirman Tanggapi Transkrip Laporan ke MKD yang Bocor

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
 Menteri ESDM , Sudirman Said
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri ESDM , Sudirman Said

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sedang dalam perjalanan ke Paris, Perancis ketika di dalam negeri banyak media yang memberitakan transkrip percakapan pihak yang diduga Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, Ketua DPR Setya Novanto, dan seorang pengusaha berinisial R. 

Sudirman mengaku belum tahu banyak tentang keaslian transkrip itu. Bahkan ketika Republika mengirimkan transkrip yang tersebar, Sudirman enggan memberikan komentar lebih jauh. 

"Saya masih dalam perjalanan menghadiri Konferensi Menteri Energi membahas energi bersih. Belum tahu ada transkrip yang beredar," demikian jawab Sudirman kepada Republika, Selasa (17/11). 

Sudirman mengaku harus melihat secara langsung dokumen transkrip yang beredar. Meski demikian, Sudirman menambahkan, penyebaran transkrip dan dokumen wawancara ini merupakan konsekuensi dari era keterbukaan informasi seperti saat ini. 

"Kita tak bisa sembunyikan hak publik. Dan publik akan berpihak pada perbaikan," ujar Sudirman. 

Sebelumnya, Sudirman melaporkan Pimpinan DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa pihak terlapor berupaya meminta jatah saham sebesar 20 persen kepada Freeport dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement