Senin 16 Nov 2015 19:02 WIB

JK Akui Terganggu Soal Pencatutan Nama

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Angga Indrawan
Jusuf Kalla
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku terganggu terkait pemberitaan yang menyebut nama Presiden dan Wapres meminta jatah saham dari PT Freeport. Hal ini ia ketahui setelah mendapat laporan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Sudirman Said yang menyebutkan terdapat politisi yang mencatut nama kedua pemimpin negara itu. 

"Pastilah, kalau dianggap benar enggak enak kan. Yang katanya saya mesti dapat sembilan persen. Yang benar saja hehehe, kurang itu," kata JK sambil tertawa, di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (16/11).

Lebih lanjut, JK pun enggan menyebut nama politikus yang mencatut nama Presiden dan Wapres. Namun, ia menyampaikan akan membahas dengan Sudirman Said terkait pengungkapan nama politikus tersebut ke publik. 

"Ya nanti saya bicara dengan Sudirman," kata JK.

Untuk diketahui, Menteri ESDM telah melaporkan oknum pencatut nama Presiden Joko Widodo ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. Dalam laporannya, Sudirman menjelaskan nama, waktu dan tempat kejadian, serta pokok pembicaraan yang dilakukan oleh oknum anggota DPR dengan pimpinan PT Freeport Indonesia.

Sudirman mengatakan, pada pertemuan ketiga antara oknum anggora DPR dengan pimpinan PTFI, terjadi permintaan saham oleh oknum tersebut pada PTFI. Pertemuan itu dilakukan Senin tanggal 8 Juni 2015 antara pukul 14.00 hingga 16.00 WIB bertempat di suatu hotel di kawasan Pacific Place, SCBD, Jakarta Pusat.

Ia menyebut, dalam pertemuan itu, oknum anggota DPR menjanjikan penyelesaian tentang kelanjutan kontrak PTFI dengan pemerintah Indonesia. Namun, janji itu disertai dengan permintaan saham proyek listrik di Timika yang disebut oknum anggota DPR akan diberikan pada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, oknum anggota DPR juga meminta agar PTFI menjadi investor dari proyek listrik tersebut sekaligus menjadi pembeli tenaga listrik yang dihasilkan dari proyek itu. Sudirman mengatakan, seluruh keterangan ini didapatnya dari pimpinan PTFI.

Baca: JK Sebut Setnov Akui Bertemu PT Freeport

Baca juga: Fadli Zon: Sudirman Said yang Paling Banyak Untungkan Freeport

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement