Sabtu 07 Nov 2015 19:04 WIB

Sosialisasi HIV/AIDS, Seorang Odha Keliling Indonesia

Wijianto alias Cah Gareng (keempat dari kiri) dan Pendiri Yayasan Pelita Ilmu Prof Dr Zubairi Djoerban SpPD, KHOM  (ketiga dari kiri) saat start  perjalanan
Foto: Dok YPI
Wijianto alias Cah Gareng (keempat dari kiri) dan Pendiri Yayasan Pelita Ilmu Prof Dr Zubairi Djoerban SpPD, KHOM (ketiga dari kiri) saat start perjalanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Namanya Wijianto alias Gareng. Usianya 33 tahun. Lelaki  kelahiran Nganjuk, Jawa Timur, yang tinggal di  Jakarta itu adalah  Orang dengan HIV-AIDS (Odha). Namun hal tersebut tidak lantas membuat pria itu putus asa. Justru sebaliknya, cobaan yang menimpanya itu mendorong Wijianto untuk berbuat sesuatu yang berarti untuk masyarakat.

Caranya, Wijianto melakukan perjalanan (berjalan kaki) mengelilingi Indonesia.  “Rencananya perjalanan ini selama dua tahun. Saya akan singgah di tempat teman-teman komunitas dan lembaga  pemerintahan. Perjalanan ini seorang diri, tanpa ada yang mendampingi,” kata Wijianto sesaat sebelum memulai perjalanannya di Jakarta, Sabtu (7/11).

Perjalanan  yang dinamakan “Langkah Kaki,  Jelajah Negeri” itu mengusung pesan “Cegah penularan HIV, dukung orang yang terinfeksi”. Start Cah Gareng dimulai di Sanggar Kerja Yayasan Pelita Ilmu, Jakarta, sebuah lembaga peduli AIDS yang telah 25 tahun melakukan upaya edukasi HIV-AIDS  serta memberikan  dukungan psikososial untuk Odha.

Sebelum start, dilaksanakan tumpengan sederhana  yang dihadiri keluarga besar Yayasan Pelita Ilmu. Termasuk di antaranya, pendiri/pembina Yayasan Pelita Ilmu  Prof Dr Zubairi Djoerban SpPD, KHOM dan Sri Wahyuningsih SKM, MSi dan Wakil Ketua YPI Husein Habsyi SKM.

Selain itu, juga hadir perwakilan Persaudaraan  Warga Binaan Indonesia (PWBI), Positive Hope, dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

“Tujuan utama misi pribadi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap upaya pencegahan penularan HIV, serta mengurangi stigma dan diskrimasi  masyarakat trhadap Odha,” ungkap Cah Gareng.

Cah Gareng menyebutkan, perjalanan yang akan ditempuhnya  mulai dari Jakarta ke arah timur, menyusuri jalan-jalan di Pulau Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan kembali ke Jakarta.

 

“Di sepanjang jalan, saya akan menyebarkan informasi HIV-AIDS berupa leaflet, stiker, serta diskusi  informal dengan kelompok-kelompok  masyarakat (sekolah, kampus, komunitas,” papar Wijianto alias Cah Gareng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement