Jumat 06 Nov 2015 01:50 WIB

Warga Sukabumi Diimbau Waspadai Longsor dan Banjir

Rep: Riga Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Air di Sukabumi, Jawa Barat
Foto: antara
Air di Sukabumi, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota/Kabupaten Sukabumi meminta warga mewaspadai potensi longsor dan banjir. Hal ini menyusul mulai turunnya hujan di beberapa wilayah Sukabumi.‘’ Kita minta warga yang tinggal di daerah rawan bencana agar waspada,’’ ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada Republika, Kamis (5/11).

Kewaspadaan diperlukan untuk menghindari munculnya korban jiwa akibat longsor maupun banjir.Diterangkan Zulkarnain, dalam beberapa hari terakhir ini wilayah Sukabumi sudah diguyur hujan. Akibatnya, BPBD langsung mengambil langkah koordinasi mengantisipasi bencana longsor dengan sejumlah pihak khususnya BPBD Provinsi Jabar.

Upaya lainnya dengan menggerakkan relawan untuk siap dikerahkan dalam penanganan bencana.Upaya antisipasi bencana longsor juga dilakukan BPBD Kabupaten Sukabumi.

‘’Mulai Kamis ini kami mengirim surat edaran ke semua kecamatan untuk mewaspadai longsor dan banjir,’’ terang Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi Irwan Fajar.

Dalam surat tersebut disebutkan agar masyarakat dan aparat kecamatan mewaspadai terjadinya bencana pada momen peralihan musim dari kekeringan ke musim hujan. Sehingga ketika terjadi bencana longsor maupun banjir bisa segera ditangani dengan cepat oleh petugas di lapangan.

‘’ Kita juga melakukan koordinasi dengan Pemprov Jabar dalam upaya siaga kekeringan,’’ ujar Irwan. Selain itu rencananya BPBD akan membuat spanduk himbauan waspada bencana di sejumlah kawasan yang rawan bencana longsor dan banjir

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement