Rabu 04 Nov 2015 07:40 WIB

Soeharto Diajukan Terima Gelar Pahlawan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Angga Indrawan
Mantan Presiden Soeharto
Foto: dailytelegraph.com.au
Mantan Presiden Soeharto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI) mengajukan agar Presiden ke-2 RI, Soeharto mendapat gelar pahlawan. Soeharto dinilai mampu bertahan selama 30 tahun menjadi orang nomor satu Indonesia karena memiliki ide yang terasa bagi masyarakat.

Ini menjadi pelajaran bagi bangsa. Untuk mengukut daya tahan atau eksis suatu kelompok atau orang, adalah berdasarkan sebesar apa idenya. "Kalau Pak Harto tidak punya ide dan pemikiran otentik, tidak mungkin bertahan selama puluhan tahun, dia punya ide perubahan negeri secara gradual atau bertahap," kata Sekretaris Jenderal HMPI, Tri Joko Susilo kepada Republika.co.id, Rabu (4/11).

Soeharto, kata dia, memiliki kemampuan menjabarkan idenya dengan jelas, mudah dicerna, singkat dan sederhana. "Misalnya lewat program imunisasi, sampai hal-hal detail lainnya diperhatikan, bukan pepesan kosong khas para pemikir yang tidak pernah bersentuhan dengan masyarakat secara nyata," ujarnya.

Soeharto juga bukan sosok yang berkarya dengan gaduh. Hal tersebut membuat Republik ini berhasil keluar dari posisi kemelut dan terseok-seok menjadi negara modern. Dengan tangan dinginnya, Soeharto dinilai mampu membawa Indonesia dari kemelut tanpa banyak aksi pidato meledak-ledak yang isinya hanya khayalan soal revolusi mental. 

"Ini pesan yang perlu kami tawarkan bahwa di pentas politik sekarang kualitas barang harus lebih bagus daripada kualitas promosi," ujar Tri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement