Senin 02 Nov 2015 13:04 WIB

12.433 Pemilih Pemula Ramaikan Pilkada Tangsel

Rep: c36/ Red: Joko Sadewo
Pemilih pemula (ilustrasi)
Foto: antara
Pemilih pemula (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat terdapat  12.433 pemilih pemula dalam Pilkada 9 Desember mendatang. Pemilih tersebut telah tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tetap tambahan 1 (DPTB 1).

Ketua Pokja Data Pemilih KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein, mengatakan jumlah pemilih pemula dalam DPT tercatat sebanyak 12.029 orang. Pemilih pemula terbanyak diketahui berada di Kecamatan Pamulang dan Kecamatan Pondok Aren.

"Di Pamulang, ada 2.913 pemilih pemula sementara di Pondok Aren ada 2.631 pemilih pemula yang tercatat dalam DPT," ujar Zein kepada Republika, Senin (2/11).

Selain jumlah itu, lanjut dia, KPU juga mencatat sebanyak 404 pemilih pemula dalam DPTb 1. Berdasarkan rekap data DPTb 1, tercatat ada 186 pemilih pemula laki-laki dan 218 pemilih pemula perempuan.

Hingga saat ini, KPU belum mencatat  persentase tingkat partisipasi pemilih pemula dalam gelaran Pileg dan Pilpres sebelumnya. Ketua Divisi Teknis KPU Kota Tangsel, Badrusalam, mengakui pihaknya belum membuat rangkuman data untuk mengetahui seperti apa tingkat partisipasi pemilih pemula dalam memberikan suara.  "Sampai saat ini belum ada data seperti itu," tutur Badrus melalui pesan singkat kepada Republika.co.id, Senin (2/11) siang.

Seperti diketahui,  saat ini sebanyak 913.437 orang tercatat dalam DPT Pilkada Tangsel. Selain itu, ada 2.033 pemilih yang sudah tercatat dalam DPTb 1. Seluruh pemilih ini nantinya berhak memberikan suara dalam Pilkada Tangsel pada 9 Desember mendatang. (c36)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement