Kamis 29 Oct 2015 09:45 WIB

Lion Air akan Akuisisi Bandara Halim?

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Andi Nur Aminah
Bandara Halim Perdanakusuma
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bandara Halim Perdanakusuma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) siap membangun Bandara Halim Perdanakusuma. ATS yang merupakan anak Lion Group memenangi kasasi di Mahkamah Agung (MA) melawan Induk Koperasi TNI AU dan Angkasa Pura II. Dalam putusan tersebut pengadilan memerintahkan agar TNI AU dan Angkasa Pura  II keluar dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Pengamat Penerbangan Chappy Hakim menegaskan, MA atau pengadilan apapun tak boleh memutuskan penggunaan Bandara Halim Perdanakusuma. "Bandara Halim itu bagian dari sistem pertahanan negara jadi pemerintah yang berhak memutuskan penggunaannya," katanya, Kamis, (29/10).

Menurutnya, kalau Bandara Halim mau dipakai Lion Air, yang perlu ditanyakan ke pemerintah apa membolehkan atau tidak. Pemerintah yang dimaksud itu antara lain Presiden, Kementerian Pertahanan dan Keamanan, Mabes TNI, TNI AU, DPR. "Coba tanyakan ke mereka boleh tidak Lion Air pakai Bandara Halim?," ujarnya.

Kalaupun pemerintah mengizinkan Lion Air memakai Bandara Halim, dia mengatakan,  harus dipikirkan berbagai macam pertimbangannya. Namun semua keputusan memang ada di tangan pemerintah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement