Senin 26 Oct 2015 12:52 WIB

Agenda Utama Jokowi di AS

Rep: Gita Amanda/ Red: Angga Indrawan
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Amerika Serikat dalam kunjungan lima harinya. Ia membawa sejumlah agenda utama yang akan dibahasnya bersama dengan Presiden Barack Obama.

Dilansir laman TIME, Obama menyambut Jokowi di Gedung Putih pada Senin (26/10). Sejumlah isu mulai dari perdagangan, investasi dan keamanan akan jadi pembahasan utama dalam pertemuan. 

Jokowi sebagai pemimpin negara terpadat di Asia Tenggara berangkat ke AS pada Sabtu (24/10). Perdagangan dan investasi menjadi agenda utama pertemuan. Terlepas dari pertemuannya dengan Obama yang direncanakan digelar di Gedung Oval, Jokowi juga akan mendatangi Kamar Dagang AS di Washington. 

Melengkapi 'tur'nya di AS Jokowi juga akan mendatangi Silicon Valley untuk bertemu CEO Apple Tim Cook dan eksekutif perusahaan teknologi raksasa lainnya. 

"Fokus utama dari kunjungan adalah meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika. Terutama dalam investasi dan perdagangan, juga dalam ekonomi digital dan ekonomi kreatif," kata Jokowi sebelum berangkat ke AS.

Obama dan Jokowi memiliki sejumlah kesamaan. Keduanya sama-sama berusia 54 tahun dan memiliki karir politik yang melesat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement