Ahad 25 Oct 2015 18:03 WIB

Zoo Siantar Bagikan Masker Halau Kabut Asap

Kabut asap (ilustrasi)
Kabut asap (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEMATANGSIANTAR -- Pengelola "Zoo Siantar" atau Taman Hewan Pematangsiantar, Sumatera Utara, membagikan masker bagi pengunjung secara gratis supaya tidak terkena dampak kabut asap yang semakin pekat.

Manajer Umum Zoo Siantar Nandang Suaidah di Siantar, Ahad (25/10), mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap kesehatan pengunjung.

Nandang juga menyampaikan keprihatinan terhadap musibah kabut asap yang berkepanjangan dan berharap segera tertangani. Karena kabut asap juga berdampak pada kesehatan satwa hunian, terutama bagi spesies unggas atau burung yang daya tahannya lebih lemah dari lainnya.

Pembagian masker itu mendapat apresiasi dari pengunjung, karena pengelola dinilai memberikan pelayanan yang baik untuk kenyamanan mereka. "Di lokasi ini kabut asap tidak terlihat ke bawah, bisa jadi karena banyaknya pepohonan yang menahan partikelnya," kata Mina Manalu, pengunjung asal Sibolga.

Namun sayangnya, sejumlah pengunjung dari luar daerah tidak memakai masker secara benar, serta tidak menutupi mulut dan hidung saat berkeliling melihat satwa-satwa di areal seluas 4,5 hektare ini. Sebagian lagi hanya dipegang atau disimpan untuk dipergunakan dalam perjalanan.

"Nanti saja, di sini udaranya lebih bersih," kata Endang, warga Kelurahan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement