Ahad 18 Oct 2015 10:44 WIB

Puluhan Ribu Bobotoh Siap Birukan GBK

Ribuan bobotoh persib memadati kawasan Cikapayang, Jl Ir H Djuanda, Kota Bandung, Ahad (9/11).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ribuan bobotoh persib memadati kawasan Cikapayang, Jl Ir H Djuanda, Kota Bandung, Ahad (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puluhan ribu pendukung Klub Persib, Bobotoh, berangkat menuju Jakarta, Ahad (18/10) secara bersama-sama dari Gedung Sate. Semangat para Bobotoh untuk membirukan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sudah menggelora sejak pagi.

Keberangkatan puluhan ribu Bobotoh dari Gedung Sate mendapat pengawalan dari jajaran kepolisian Polda Jawa Barat hingga TNI.

Sebanyak 200 unit bis beserta 60 unit truk TNI dikerahkan untuk mengangkut para Bobotoh menuju GBK. "Ayo birukan Jakarta," teriak salah satu Bobotoh dari dalam bis sebelum berangkat ke Jakarta pada Ahad (18/10).

Kepergian para Bobotoh ini dimpin langsung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.  Lagu Halo-Halo Bandung turut mengiringi kepergian bis yang ditumpangi puluhan ribu bobotoh tersebut.

Warga yang turut mengantar kepergian Bobotoh juga menunjukkan antusiasme yang besar. "Sekarang telah menjadi lautan biru, mari bung rebut kembali," nyanyi para warga mengiringi kepergian para Bobotoh.

Membludaknya Bobotoh yang akan berangkat ke Jakarta juga menyebabkan sebagian Bobotoh kesulitan mendapatkan kendaraan. Rombongan Bobotoh yang belum mendapatkan bis sempat mencoba untuk masuk ke bis yang sudah ada tetapi diperintahkan unuk turun oleh anggota TNI.

Pasalnya, akan berbahaya jika dalam satu kendaraan mengangkut penumpang melampaui kapasitas. Salah satu Bobotoh, Putra (19), sempat terlihat bingung karena belum mendapatkan kendaraan.

Padahal, Putra bersama rekan-rekannya telah membeli tiket seharga Rp 250 ribu sejak hari pertama penjualan tiket, Kamis lalu. "Kita beli tiket pada hari pertama penjualan tiket. Ada sekitar 50 orang yang belum dapat kendaraan," jelas Putra kepada Republika.

Selang beberapa saat, petugas keamanan menggiring para Bobotoh yang belum mendapatkan kendaraan unuk menaiki beberapa kendaraan yang ada secara terpisah.

Keberangkatan para Bobotoh ini sudah dimulai sejak pulul 10.15 WIB dan hingga saat berita ini dibuat, masih banyak unit kendaraan pengangkut Bobotoh yang masih mengantri untuk berjalan menuju Jakarta.

Setiap kendaraan yang ditumpangi bobotoh disertai empat petugas keamanan dari kepolisian atau TNI. Para Bobotoh rencananya akan mendukung klub sepak bola kesayangan warga Bandung, Persib, yang akan berlaga di putaran final Piala Presiden di GBK melawan Sriwijaya FC petang nanti.

C01

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement