Rabu 14 Oct 2015 17:37 WIB
Pilkada 2015

KPU akan Gelar Simulasi Pilkada Calon Tunggal

Rep: C10/ Red: Ilham
KPU
KPU

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Penyelenggaraan Pilkada serentak 2015 di Kabupaten Tasikmalaya sempat ditunda. Hal tersebut terjadi karena hanya ada satu pasangaan calon yang mendaftar ke KPUD Kabupaten Tasikmalaya. Kini KPU akan menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi Pilkada calon tunggal di Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua KPUD Kabupaten Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat mengatakan, pihaknya telah menerima surat perintah dari KPU Pusat. Isi surat perintah tersebut menugaskan KPUD untuk mempersiapkan acara sosialisasi dan simulasi Pilkada calon tunggal. Simulasi tersebut nantinya akan digelar langsung oleh KPU.

"Dari tiga daerah yang hanya memiliki calon tunggal, Kabupaten Tasikmalaya terpilih menjadi tempat simulasi Pilkada calon tunggal," kata Deden kepada Republika.co.id, Rabu (14/10).

Deden menjelaskan, ada dua agenda yang akan digelar dalam acara tersebut pada Jum'at (16/10) dan Sabtu (17/10). Agenda pertama adalah sosialisasi mengenai Pilkada calon tunggal. Kemudian agenda kedua simulasi pemungutan suara dalam Pilkada yang hanya memiliki calon tunggal.

Dalam acara sosialisasi dan simulasi tersebut, KPUD Kabupaten Tasikmalaya juga mengundang rekan-rekan dari Kabupaten Blitar dan Timur Tengah Utara. Saat ini KPUD tengah mempersiapkan untuk menyambut acara tersebut. Kemungkinan nanti dalam berlangsungnya simulasi Pilkada calon tunggal juga akan dihadiri beberapa pejabat negara dari instansi terkait.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan uji materi UU 8/2015 terkait calon tunggal. Dalam keputusan MK disebutkan daerah yang hanya ada satu pasangan calon tetap dapat melaksanakan Pilkada serentak 2015.

Di Kabupaten Tasikmalaya calon tunggal tersebut yakni pasangan Uu Ruzhanul Ulum - Ade Sugianto (Uu - Ade) yang diusung PDIP, Golkar, PKS, dan PAN. Mereka berdua adalah incumbent.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement