Senin 12 Oct 2015 15:23 WIB

Masalah Asap, JK: Bukan Jadi Masalah Indonesia Saja

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Wapres Jusuf Kalla
Foto: VOA
Wapres Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan masalah kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan bukan hanya masalah Indonesia. Ia mengatakan, masalah ini juga merupakan masalah negara tetangga yang terkena dampaknya.

"Ini kan masalahnya bukan masalah Indonesia saja, jangan lupa, ke sana kan karena angin, kita tidak bisa kontrol angin kan. Jadi supaya jangan kena harus sama-sama dong, jadi ini bukan masalah Indonesia saja," kata Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (12/10).

Menurut Kalla, juga diperlukan kerjasama ASEAN dalam menangani bencana kabut asap yang mencapai negara tetangga. Lebih lanjut, Indonesia pun juga akan bekerjasama dan memberikan bantuan apabila terjadi bencana di negara lain.

Terkait sejumlah perusahaan asal Malaysia yang diduga turut melakukan pembakaran hutan dan lahan di Indonesia, Kalla menyatakan belum mengetahuinya. Ia menilai, tak semua perusahaan asal negara tetangga melakukan pembakaran.

"Tidak semuanya pasti. Ndak juga saya belum tahu datanya, bahwa ada bisa saja ya, saya tidak bisa mengatakan begitu," kata Kalla.

Karhutla masih melanda sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi ada sekitar 40 juta orang yang menjadi korban akibat terpapar kabut asap karena kebakaran hutan.

Penduduk yang menjadi korban bukan hanya penduduk yang tinggal di dekat lokasi kebakaran. Jumlah tersebut termasuk penduduk di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement