Kamis 01 Oct 2015 19:51 WIB

Dituding Pasok Anjing ke Jakarta, Ini Jawaban Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Teguh Firmansyah
Anjing (ilustrasi)
Foto: Manchul Kim / AP Images
Anjing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI— Pemkot Sukabumi membantah wilayahnya sebagai pemasok anjing ke daerah ibu kota Jakarta. Hal ini untuk menanggapi pernyataan Gubernur DKI Jakarta yang menyebutkan pasokan anjing untuk dikonsumsi salah satunya dari Sukabumi.

"Kami pastikan, di Kota Sukabumi tidak ada yang memasok anjing ke Jakarta,’’ ujar Sekretaris Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kota Sukabumi Ate Rahmat kepada wartawan Kamis (1/10).

Hal ini disebabkan tidak ada kegiatan peternakan anjing maupun anjing liar di Sukabumi.Terlebih lanjut Ate, jumlah populasi anjing liar di Sukabumi mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sehingga tidak memungkinkan adanya anjing liar yang dikirim ke Jakarta.

Ate mengungkapkan, di Sukabumi memang ada tempat transit penjualan anjing liar ke Sumatera yang berasal dari daerah lain. Namun, anjing itu bukan dikonsumsi melainkan pesanan untuk kepentingan berburu. Jumlah anjing liar tersebut hanya sedikit.Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan, di Kota Sukabumi tidak ada peternakan anjing.

"Jadi tidak mungkin bisa memasok ke Jakarta,’’ cetus dia.Menurut Fahmi, mayoritas warga Sukabumi beragama Islam dan jarang yang memelihara anjing. Sementara jumlah anjing liar juga sangat sedikit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement