Kamis 24 Sep 2015 07:11 WIB

Listrik di Palu Padam Tiap Enam Jam

Pemadaman listrik
Foto: Antara
Pemadaman listrik

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Listrik di Kota Palu, Sulawesi Tengah dalam beberapa hari ke depan dijadwalkan padam setiap enam jam dengan lama pemadaman rata-rata tiga jam.

Manager PT PLN Area Palu, Novalince membenarkan adanya program pemadaman aliran listrik di sejumlah wilayah di Provinsi Sulteng, Rabu (23/9).

Khusus di Palu, Sigi dan Donggala, listrik padam setiap enam jam menyusul defisit daya cukup besar yang dialami sistem kelistrikan Palu. Sistem kelistrikan Palu melayani kebutuhan daya untuk Kabupaten Sigi, Donggala dan sebagian Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam beberapa ke depan masih berlangsung pemadaman bergilir pada siang dan malam hari setiap enam jam. Menurut dia, pemadaman terpaksa diberlakukan karena suplai daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana Poso terhenti.

"Dalam beberapa hari ini dan ke depan, sistem kelistrikan Palu tidak mendapat pasokan daya dari PLTA Sulewana Poso," katanya.

Novalince menjelaskan pada Senin (21/9), sejumlah tower PLTA yang menghubungkan jaringan listrik dari Tentena ke Poso, Tambarana, Napu sampai ke Gardu Induk (GI) Sidera, Kabupaten Sigi mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang karena kebakaran lahan di sekitar tower.

Membutuhkan waktu sepekan untuk memperbaiki kembali tower dan jaringan listrik PLTA yang rusak. PLN menyampaikan permohonan maaf bagi seluruh masyarakat dan pelanggan listrik di sejumlah wilayah di Sulteng dan juga Kota Palu.

"Ini musibah yang kita tidak pernah inginkan, tetapi terjadi," katanya.

Apalagi, program pemadaman bergilir terjadi bertepatan dengan umat Islam merayakan hari raya Idul Adha.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement