Rabu 23 Sep 2015 21:45 WIB

Jelang Hari Tani, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Rep: c34/ Red: Dwi Murdaningsih
Petani
Foto: antara
Petani

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Aliansi Organis Indonesia (AOI) mendesak adanya peningkatan kesejahteraan petani di Indonesia. Hal itu disampaikan AOI menjelang Hari Tani Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 September.

Direktur Eksekutif AOI Rasdi Wangsa mengatakan bahwa salah satu upaya meningkatkan pendapatan petani ialah dengan adanya penetapan SNI Multikualitas Beras Organik. Sistem yang diusulkan AOI kepada pemerintah itu dinilai bisa melindungi para petani.

"Sistem itu bisa menghindarkan praktik-praktik yang selama ini banyak merugikan petani," kata Rasdi, Rabu (23/9).

Ia memaparkan, SNI Multikualitas akan membuat petani mampu memenuhi standar yang selama ini diterapkan oleh para pemain pasar mainstream atau retailer. Dengan demikian, beras yang diproduksi bisa mudah diterima pasar dan berujung  pada  peningkatan pendapatan petani.

Pasalnya, lanjut Rasdi, petani akan mengetahui standar yang bisa menjadi pedoman. Selama ini, ada standar berbeda di setiap retailer sehingga menyulitkan petani saat akan memasok komoditas beras.

"Jika ada SNI Multikualitas, maka hanya akan ada satu standar yang diacu oleh petani maupun retailer," ujar Rasdi.

Manfaat lain SNI Multikualitas, lanjutnya, yakni meningkatkan kemampuan petani untuk bernegosiasi dengan para pemain di pasar, sehingga muncul adanya transparansi. Kemampuan petani untuk memasok retail dan menghasilkan mutu beras yang baik juga akan meningkat.

"Nantinya, diharapkan bisa bersaing di pasar bebas ASEAN," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement