Senin 21 Sep 2015 11:41 WIB

Program Desa Sejahtera Mandiri Rehabilitasi Rumah tak Layak Huni

Khofifah Indar Parawansa
Foto: Antara
Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meluncurkan program Desa Sejahtera Mandiri untuk wilayah Jawa Tengah, Senin (21/9).

Peluncuran salah satu program pengentasan kemiskinan tersebut dilaksanakan di Desa Ngrawan, Getasan, Kabupaten Semarang.

Peluncuran program Desa Sejahtera Mandiri tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan rehabilitasi rumah tak layak huni serta bantuan bagi masyarakat untuk usaha ekonomi produktif.

Khofifah menuturkan terdapat 11 desa di lima kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi lokasi awal pelaksanaan program tersebut.

"Dalam program ini Kementerian Sosial bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk pengawalan," katanya.

Program Desa Sejahtera Mandiri, lanjut dia, melakukan pendekatan berbasis rehabilitasi rumah tidak layak huni serta usaha ekonomi. Pada tahun ini, kata dia, pelaksanaan program ini dilaksanakan di 100 desa di seluruh Indonesia.

Untuk Jawa Tengah, menurut dia, terdapat 320 rumah tidak layak huni di 11 desa yang akan memperoleh bantuan rehabilitasi. Selain itu, lanjut dia, ada pula 52 kelompok usaha bersama yang masing-masing memperoleh bantuan sebesar Rp20 juta.

"Untuk menyukseskan maka harus ada partisipasi warga setempat," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement